Ragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh – Bulan puasa atau bulan ramadhan memang bulan yang penuh dengan keberkahan dan hikmah yang sangat luar biasa, bagi para umat islam bulan puasa memang hal yang sangat di tunggu karena pada momen ini kita akan mendapatkan pahala yang berlipah bagi yang menjalakan perintah Allah SWT dengan baik dan menjauhi segala larangan NYA.  Selama bulan ramdhan ini umat islam memang di tuntut untuk berpuasa yang berati bagi yang menjalankan ibadah puasa kita harus bisa menahan diri dari segala hal yang membatalkan ibadah puasa kita seperti makan, minum dan yang lainnya yang bersifat bisa membatalkan puasa selama terbitnya fajar sampai matahari terbenam.

Bagi dunia kesehatan berpuasa memang mempunyai berbagi manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh kita bukan malah sebaliknya, para ahli mengungkapkan bahwa berpuasa tidak merugikan atau efek yang menganggu kesehatan tubuh kita seperti jantung, paru, hati, ginjal dan organ tubuh lainnya.  Justru sebaliknya puasa selama bulan ramadhan memiliki berbagi mukjizat untuk kesehatan tubuh kita, selain mendapatkan pahala yang berlipat dan hikmah yang besar dari berpuasa juga bisa menyehatkan tubuh kita, berikut manfaat dari puasa untuk kesehatan tubuh manusia.

Ilustrasi berpuasa

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit ini memang penyakit yang patut kita takuti karena penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat di takuti kebanyakan orang di seluruh dunia, anaman penyakit ini memang sangat besar sekali apa lagi di jaman sekarang ini terutama di Indonesia polusi dan jumlah peroko makin tahun terus meningkat sehingga penyakit jantung di Indonesia bisa menjadi ancaman yang sangat besar. Dengan melakukan puasa selama 1 bulan penuh di bulan ramdhan ini bisa di jadikan alternative untuk mengatasi kesehatan jantung kita, karena saat kita sedang puasa tubuh akan meningkatkan HDL dan penurunan LDL yang menurut “chronobiological” semua itu bisa menjaga kesehatan jantung kita sekaligus pembuluh darah.

  1. Terjadi Keseimbangan Anabolisme dan Katabolisme

Yang dimana keseimbangan ini akan membantu meningkatkan asam amino dan berbagi zat lainnya untuk membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah sekaligus menyuplai asam amino dalam darah setiap harinya. Dalam berpuasa tentu sangat berbeda kasusnya dengan kelaparan yang akan mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan tubuh kita berpuasa dikarenakan cadangak protein yang cukup dalam tubuh kita saat kita sahur akan tetap memproduksi protein esensial di tubuh.

 

  1. Menajamkan Kecerdasan dan Keratifitas Otak

Dalam berpuasa tentu akan dituntu untuk melatih kesebaran  kita sehingga pikiran kita menjadi tenang dan melambat yang justru kondisi ini membuat meningkatkan ketajaman atau kecerdasan otak. Menurut penelitian para ahli ketengan pikiran atau melambatnya kinerja otak akan membantu sel – sel otak bekerja lebih tajam, hal ini pun telah dibuktikan para mahasiswa yang mengerjakan tugasnya dan di paksa untuk berpuasa selam 7 hari mendapatkan nilai yang sangat baik untuk tugas – tugasnya. Hal ini juga di katakan tokoh detektif Sherlock holmes kesayangan “otak akan berkerja dengan baik, saat perut sedang kosong”.

  1. Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Manfaat dari berpuasa tentunya akan membantu menurunkan berat badan kita, sehingga tidak usah repot – repot dengan melakukan diet yang berlebih yang justru akan mengakibatkan kesehatan tubuh menjadi terganggu, cukup melakukan puasa usus – usus dalam tubuh kita akan lebih terjaga dan bersih dari sisa – sisa edapan makanan berlebih pada tubuh yang berpontensi akan menjadi lemak dalam tubuh kita sekaligus mencegah resiko terkena kolesterol.

  1. Meringankan Sakit Sendi atau Encok

Dengan berpuasa secara teratur lambat laun bisa menyembuhkan radang sendi, hal ini telah di buktikan oleh para ahli puasa akan membantu meningkatkan sel penetral (pembasmi bakteri) yang alami dalam tubuh kita, dimana bisa membantu penyembuhan sakit sendi atau encok.

  1. Menyehatkan Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk manusia yang dimana berfungsi untuk saringan zat berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk pada tubuh kita. Ginjal akan berfungsi secara baik jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1.000 – 12.000 ml osmosis/kg air, oleh karena itu saat berpuasa justru sangat menyehatkan ginjal karena puasa akan membuat cairan yang ada pada tubuh kita akan berkurang dan hal tersebut sangat membantu ginjal untuk memenuhi target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin sehingga sangat berdampak sangat baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Mencegah Diabetes

Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang ada pada tubuh kita karena seringnya makan – makan secara berlebihan dan tidak sehat. Dengan melakukan puasa kita bisa mengurangi resiko terkena penyakit ini, karena konsumsi gula dan makanan yang mengandung lemak berlebih bisa terkontrol.

  1. Performa Seksual Meningkat Pesat

Di bulan puasa ini tentu akan mempengaruhi hormon pria dewasa karena di bulan penuh berkah ini pria dewasa di tuntut untuk menahan hawa nafsunya selama berpuasa sehingga performa seksual meningkat pesat. Para ahli membuktikan bahwa hubungan puasa dengan kadar hormon kejantanan (testoteron) dan sebagainya akan menurun saat sedang berpuasa namun ini hanya bersifat sementara karena hormon testoteron akan meningkat sangat pesat setelah beberapa hari melakukan puasa.

  1. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Melakukan puasa memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bukan membuat tubuh menjadi lemas dan mudah terserang penyakit. Ini dikarenakan ketika puasa akan terjadi peningkatan limfosit sampai 10 kali lipat dalam tubuhnya, yang dimana limfosit ini berpengaruh besar untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit, virus atau makanan yang tidak sehat penyebab penyakit.

  1. Menurunkan Adrenalin dan Resiko Terkena Penyakit Kronis

Tentu saja dengan berpuasa akan menurunkan adrenalin yang ada pada tubuh kita karena dengan berpuasa kita dituntu untuk menahan amarah dan nafsu kita dan hal ini akan mempengaruhi keadaan psikologis seseorang untuk lebih tenang sehingga secara alamiah akan menurunkan adrenalinnya dan memberikan efek pada tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit kronis yang mengancam jiwa.

Segitu saja tentang ragam manfaat puasa untuk kesehatan tubuh semoga artikel dari sayangitubuhmu.com ini bisa memberikan motivasi yang postif untuk berpuasa bagi kaum muslim yang sedang berpuasa. Mohon maaf kalau ada kesalahan penulisan kata dan sebagainya karena ane baru memulai lagi menulis artikel tentang kesehatan ini, terimakasih dan selamat menunaikan ibadah puasa.

Ragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh | hasan | 4.5