Posisi Tidur yang Baik & Benar untuk Kesehatan

Posisi Tidur yang Baik & Benar untuk Kesehatan – Tidur memang merupakan kebutuhan rutin yang harus kita penuhi untuk mengistirahatkan tubuh agar kembali bugar setelah seharian menjalani aktifitas. Namun sebaiknya ketahui posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan tubuh kita, karena belum tentu posisi tidur yang sering kita lakukan justru tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Alih-alih memulihkan tubuh posisi tidur yang salah justru menyebabkan tubuh makin pegal-pegal atau gangguan kondisi kesehatan yang lainnya. Untuk itu kami akan membagikan informasi mengenai cara atau posisi tidur yang baik dan benar untuk kepetingan kesehatan tubuh kita.

 

Tidur yang teratur mampu membantu dalam meningkatkan produksi sel di dalam tubuh untuk membuat materi pelapis berupa myelin yang bermanfaat melindungi kesehatan otak. Umumnya tidur sendiri memiliki waktu yang wajib di penuhi setiap orang dengan rentang usia yang berbeda beda. Bayi yang memerlukan waktu tidur lebih lama dari usia lainnya yaitu 14 – 17 jam per hari, sedangkan balita memerlukan waktu tidur 10 – 13 jam per hari. Sementara untuk remaja 8 – 10 jam dan dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 – 9 jam per hari. Waktu tidur yang wajib ini setidaknya harus kita penuhi demi menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan menyehatakan untuk tubuh kita juga harus mengetahui posisi apa saja yang baik untuk kesehatan tubuh kita, karena posisi tidur yang salah justru bisa menggangu kesehatan tubuh, berikut posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan.

Posisi Tidur yang Baik & Benar untuk Kesehatan

Posisi Tidur Terlentang dan Tegap (Soldier)

Posisi tidur yang tegap seperti ini, dengan badan lurus atau tegap dan tangan berada di samping tubuh memang merupakan posisi tidur yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan leher agar tidak terasa sakit saat bangun tidur atau sebagainya dengan catatan posisi bantal tidak terlalu tinggi untuk menghindari resiko nyeri leher saat bangun karena posisi leher terlalu menekuk serta mengurangi terjadinya mendengkur. Posisi tidur seperti ini memang sangat baik sekali untuk Anda yang menderita sakit punggung karena denga posisi tidur seperti ini tulang punggung tidak terbebani, namun posisi tidur terlentang ini tidak di anjurkan untuk Anda yang sering mendengkur dan memiliki berat badan berlebih karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh.

 

Tidur Miring ke Kanan

Jika Anda termasuk orang yang suka tidur dengan posisi miring seperti saya, alangkah baiknya miringkan badan Anda ke kanan untuk mencegah berat badan membebani jantung. Karena posisi tidur miring kita menghadap ke kiri akan berdampak buruk untuk jantung karena jantung tertekan oleh berat badan tubuh sehingga menyebabkan aliran darah terhambat. Posisi tidur miring yang baik adalah dengan mengikuti posisi tidur janin yang berada dalam kandungan, yaitu dengan posisi punggung sedikit membungkuk dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini bisa mengurangi tekanan pada tulang punggung sehingga melancarkan saluran pernafasan dan melegakan organ tubuh lainnya.

 

Sebenarnya sangat banyak sekali posisi tidur yang baik untuk kesehatan, namun kedua posisi tidur ini memang paling baik sekali untuk kesehatan karena tidak akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Sekian ulasan dari sayangitubuhmu.com Posisi Tidur yang Baik & Benar untuk Kesehatan. Semoga ulasan atau informasi ini bisa membantu Anda yang belum tahu posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan tubuh.

Posisi Tidur yang Baik & Benar untuk Kesehatan | hasan | 4.5