Manfaat ASI Untuk Mencegah Gangguan Hati Pada Anak

Manfaat ASI Untuk Mencegah Gangguan Hati Pada Anak  Menurut penelitian para ahli bahwa penurunan pemberian ASI eksklusif dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan di indonesia, hal tersebut di sibabkan karena kurangnya pengetahuan para ibu tentang manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi. Mereka cenderung memberikan susu formula atau makanan tambahan dengan angapan bahwa lebih peraktis atau agar bayi cepat besar, padahal semua itu bisa jadi dampak yang tidak baik untuk perkembangan bayi atau pertumbuhan anak.

Pentingnya pengetahuan para ibu tentang manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi merupakan sesuatu permasalahan yang harus kita pikirkan dari sekarang agar pertumbuhan anak atau bayi kita terjaga. Manfaat yang bisa di dapat dalam ASI ini sangat beragam mulai dari mempererat hubungan bayi dan ibunya hingga mampu mencegah gangguan organ hati pada anak jika anak di susui selama 6 bulan secara ekslusif untuk mencegah penyakit hati pada anak, ada baiknya para ibu menjaga berat badan normal sebelum manjalani masa kehamilan.

 

Ilustrasi Manfaat ASI

 

Menurut dosen senior klinis obat dan farmakologi dari University of Western Australia yakni Dr. Oyekoya Ayonrinde mengatakan bahwa ibu memiliki dampak serius untuk resiko berkembangnya penyakit hati anak saat usia remaja. Dr. Oyekoya melihat adanya hubungan antara penyakit hati dengan faktor ibu dan gizi bayi yang saling berhubungan. Dengan melakukan proses menyusui selama 6 bulan secara ekslusif lebih mengurangi resiko penyakit hati dibanding dengan pemberian susu formula dalam botol untuk anak.

Menurut data yang di miliki oleh Dr. Oyekoya menerangkan bahwa anak yang terkena gangguan hati lebih mudah mengalami obesitas. Data tersebut di dapat dari survei yang di lakukan berdasarkan wawancara langsung, kuisioner, tes darah, serta pemeriksaan fisik lewat pemeriksaan ultrasound pada hati yang di lakukan pada 1.170 anak remaja usia 17 tahun. Dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa 17% dari anak yang di lakukan pemeriksaan mengidap penyakit hati dan kolesterol tinggi.

Jika sudah demikian maka cara untuk mengembalikan kondisi normal tubuh anak sangat sulit di lakukan. Namun ada sedikit cara yang bisa di lakukan untuk mengembalikan kondisi anak ke seperti semula yaitu dengan menambahkan kopi untuk diet bisa mengembalikan kondisi seperti semula.

Manfaat lain pemberian ASI eksklusif pada bayi selain mempererat hubungan dengan bayi dan mencegah resiko terkena penyakit gangguan hati adalah bisa menghemat pengluaran bulanan ibu sekaligus menjadi salah satu trapi penurunan berat badan, pemberian ASI eksklusif juga bisa meningkatkan sistem imun, meningkatkan IQ, mencegah timbulnya alergi dan osteoporosi pada bayi.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang kesehatan anak seperti dibawah ini:

Demikianlah sedikit ulasan dari sayangitubuhmu.com mengenai manfaat pemberian ASI untuk bayi guna mencegah penyakit gangguan hati yang bisa menimbulkan banyak penyakit lainnya. Berilah ASI ekslusif kepada bayi anda selama 6 bulan agar bayi anda terhindar dari penyakit hati. terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Manfaat ASI Untuk Mencegah Gangguan Hati Pada Anak | hasan | 4.5