Ciri-Ciri atau Tanda Jantung Sehat

Ciri-Ciri atau Tanda Jantung Sehat – Dalam tubuh manusia terdapat banyak organ yang memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup manusia dan salah satunya adalah Jantung. Jantung adalah organ tubuh yang perannya paling penting karena jika dalam beberapamenit jantung tidak berdenyut di tambah sirkulasi darah yang berhenti maka kita semua bisa di nyatakan meninggal. Mengingat akan pentingnya peranan jantung ini, maka pencegahan penyakit serta pembuluh darah ini teramat sangat utama untuk di lakukan.

Dengan memiliki jantung yang sehat, maka kelangsungan hidup pun akan sehat juga, maka dariitu anda harus tahu mengenai tanda atau ciri-ciri jantung yang sehat. Di bawah ini kami sudah merangkum mengenai beberapa tanda atau ciri-ciri jantung yang sehat sebagai berikut.

 

Ilustrasi jantung sehat

 

Berikut Tanda Jantung Sehat :

  1. Gula Darah yang Rendah

Kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab penyakit diabetes yang punya peluang besar untuk menderita serangan jantung. Cara untuk mengurangi kadar gula darah adalah dengan cara berpuasa seperti menurunkan berat badan atau dengan meningkatkan sensivitas insulin dalam tubuh.

  1. Protein C-reactive

Penanda umum untuk penyakit serangan jantung ialah kadar CRP (Protein C-reavtive) yang tinggi sehingga terjadi peradangan dalam tubuh seperti peradangan di dinding arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung. Kadar CRP yang tinggi biasanya sama dengan kolesterol yang tinggi juga dan cara mengetahui kadar CRP dalam tubuh adalah dengan mengambil darah dari siku atau belakang telapak tangan. Lalu kadar CRP yang tinggi adalah lebih dari 1 mg/liter yang bisa memencing penyakit kanker prostat.

  1. Jantung Bebas Kolesterol

Tanda jantung tubuh yang berikutnya adalah jantung yang terbebas dari kolesterol jahat. Anda harus tahu bahwa dalam tubuh manusia terdapat 2 kandungan kolesterol berbeda yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Kedua jenis kolesterol tersebut harus bisa berjalan seimbang dan kalau bisa lebih tinggi kadar kolesterol HDL agar resiko terkena ateroklerosis lebih rendah. Kadar HDL bisa di naikkan dengan cara berolahraga, konsumsi banyak serat, dan berat badan yang turun. Adapun kadar kolesterol HDL dalam tubuh harus berjumlah 170 mg/dl lebih tinggi 40 mg/dl dari kandungan kolesterol LDL.

  1. Denyut Jantung yang Jumlahnya Normal

Denyut jantung yang normal dalam tubuh manusia adalah 65 denyut per menit (bpm) yang jika lebih dari angka itu maka jantung lebih beresiko terkena serangan jantung. Untuk mengetahui jumlah denyut jantung per menit bisa melakukan cara yaitu menghitung jumlah detak jantung per menit (Resting Heart Rate). Jika jumlah denyut jantung permenit anda di tas normal maka lakukanlah olahraga 30 menit untuk menurunkan denyut jantung per menit anda yang tidak normal.

  1. Kendalikan Tekanan Darah

Tekanan darah dalam tubuh manusia harus lebih rendah dari 120/80 mmHg agar tekanan darah tetap normal atau tidak tinggi yang bisa menyebabkan rusaknya arteri seluruh tubuh lalu menyumbat aliran darah ke organ vital lain akibat menebal dan kakunya pembuluh darah. Menurut survei yang di lakukan para ahli, untuk menurunkan tekanan darah  bisa di lakukan dengan cara mengkonsumsi aspirin setiap hari, konsumsi makanan yang banyak mengandung zat gizi tepat, dan mengurangi stres.

Nah sobat, itulah beberapa tanda yang bisa anda cari tahu mengenai kesehatan jantung anda. semoga informasi yang sayangitubuhmu.com berikan ini bisa bermanfaat untuk anda dan membuat anda jadi mencintai atau peduli dengan kesehatan jantung anda agar mendapatkan hidup yang sehat bebas dari serangan jantung dan penyakit lainnya, terima kasih dan sanpai jumpa lain waktu.

Incoming search terms:

  • ciri jantung sehat
  • ciri-ciri jantung sehat
  • ciri ciri jantung sehat
  • ciri2 jantung sehat
  • ciri jantung normal
  • tanda jantung sehat
  • ciri ciri jantung normal
  • ciri ciri detak jantung sehat
  • ciri jantung yang sehat
  • Ciri ciri tubuh sehat
Ciri-Ciri atau Tanda Jantung Sehat | hasan | 4.5