Cara Merawat Anak Prematur di Rumah Secara Sederhana

Cara Merawat Anak Prematur di Rumah Secara SederhanaMelahirkan seorang bayi yang normal adalah hal yang sangat di inginkan oleh setiap pasangan suami istri di dunia ini. Tapi bagaimana dengan para pasangan suami istri yang melahirkan bayinya secara prematur, pastinya hal itu sangat mencemaskan setiap pasangan entah kesehatan atau tumbuh kembangnya si anak tersebut. Hal demikian sangatlah normal karena bayi yang lahir prematur memerlukan perawatan khusus dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit) sampai sang bayi di nyatakan normal dan boleh di rawat di rumah. Bagi anda yang bingung mengenai cara perawatan anak bayi prematur ini, kami akan bagikan caranya di bawah ini.

 

Ilustrasi anak prematur

 

  1. Berilah ASI Eksklusif

Berilah ASI Eksklusif pada bayi prematur anda karena ASI memiliki sumber nutrisi yang penting untuk menambah berat badan dan peningkatan imun bayi. Pemberian ASI ini sebaiknya dalam jumlah sedikit tapi sering di berikan.

  1. Beri Stimulasi Secara Rutin

Berikan stimulasi seperti suara, sentuhan, dan penglihatan yang di butuhkan bayi agar organ tubuhnya bias berfungsi normal. Ajaklah anak anda berbicara dengan jarak 30 cm di depan wajah bayi sambil menatap matanya.

  1. Persiapkan Kamar Bayi Yang Steril

Bayi yang prematur memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan sangat sensitif, itulah kenapa sebabnya bayi yang lahir prematur harus memiliki kamar yang udaranya bersih dan steril yang terbebas dari polusi udara.

  1. Atur Suhu Kamar Bayi

Jika bayi prematur anda memiliki kamar bersih, selanjutnya anda harus mengatur suhu kamar agar tidak terlalu dingin atau panas dengan pengaturan suhu 26 atau 27 derajat Celsius agar suhu badan bayi anda tetap terjaga.

  1. Ciptakan Lingkungan Yang tenang

Agar perkembangan tubuh bayi prematur berlangsung dengan baik maka anda harus menciptakan suasana lingkungan yang tenang. Hal tersebut di butuhkan agar bayi bias tidur lelap dan tenang karena bayi prematur membutuhkan waktu tidur yang lebih lama di banding bayi normal lainnya.

  1. Gunakanlah Metode KMC (Kangaroo Mother Care)

Metode KMC adalah metode dimana bayi di posisikan pada dada sang ibu agar kulit sang bayi dan sang ibu saling menempel dan cocok untuk bayi prematur dengan berat badan 2,5 kg. Itu semua sangat penting agar suhu sang bayi stabil serta mampu membuat ikatan emosional antara ibu dan bayi semakin erat.

  1. Rajin Kontrol Ke Dokter

Rajinlah memeriksakan bayi anda ke dokter agar bayi anda bias di pantau pertumbuhan serta perkembangannya oleh dokter meskipun anda sangat ahli merawat bayi prematur anda di rumah.

  1. Jemurlah Bayi Di Pagi Hari

Jemurlah bayi anda di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit agar kulit bayi anda tidak menguning dan pastikan menjaga kebersihan badan bayi prematur anda dengan menggunakan alat mandi yang sesuai dengan kulit bayi agar tidak iritasi.

Nah itulah beberapa cara dari sayangitubuhmu.com yang bias anda lakukan untuk merawat bayi yang terlahir prematur, semoga bahasan di atas bias berguna bagi anda. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi di lain waktu.

Incoming search terms:

  • Cara merawat bayi prematur
  • cara merawat bayi prematur di rumah
  • perawatan bayi prematur di rumah
  • cara merawat bayi prematur dirumah
  • cara mengurus bayi prematur
  • cara mengasuh bayi prematur
  • cara merawat bayi perematur
  • merawat bayi prematur di rumah
  • cara merawat bayi lahir prematur
  • tips merawat bayi prematur dirumah
Cara Merawat Anak Prematur di Rumah Secara Sederhana | hasan | 4.5