Cara Mengatasi Kecanduan atau Ketergantungan Kopi

Cara Mengatasi Kecanduan atau Ketergantungan Kopi Kebanyakan dari kita sangatlah menyukai kopi yang mengandung kafein dengan alasan yang beragam. Kandungan kafein dalam kopi mampu mengontrol mood dan emosi untuk di tingkatkan yang membuat seseorang lebih mudah konsentrasi dan lebih semangat setelah minum kopi. Menurut Robynne Chutkan, MD, seorang asisten professor gastroenterology di Georgetown University Medical Center di Washington mengatakan kopi sangat di anjurkan untuk di minum kecuali bagi penderita masalah asam lambung atau gangguan kesehatan lain.

Ada banyak manfaat yang anda dapat dengan minum kopi secara moderat namun jika di konsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan sakit kepala, pusing, tekanan darah tinggi, tremor, insomnia, dan juga gangguan reproduksi wanita. Jika anda menginginkan untuk berhenti dari kebiasaan meminum kopi secara berlebihan, berikut kami paparkan beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti:

 

Ilustrasi pecandu kopi

 

Di Bawah Ini Adalah Cara Mengatasi Kecanduan Kopi:

  1. Lakukan Secara Bertahap

Jika anda sudah kecanduan kopi, maka anda harus melepaskannya secara perlahan. Itulah yang di katakana oleh juru bicara American Dietetic Assosiation dan penulis The Small Change Diet Keri Gans, RD. Dengan cara ini anda bias beradaptasi dengan perubahan kebiasaan baru yang tidak bisa langsung di rubah dalam waktu semalaman.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyaklah konsumsi air putih agar racun dalam tubuh bisa terbuang semua dan konsentrasi serta kesegaran anda terjaga tanpa harus dengan kafein. Kondisi tubuh yang terhidrasi baik mampu menghentikan kecanduan anda akan kopi.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik

Lakukanlah aktifitas fisik seperti berolahraga untuk mengatasi kelelahan dan rasa mudah marah selama menghentikan kebiasaan mengopi. Dengan berolahraga, anda bisa merangsang hormon endorphin yang menimbulkan rasa bahagia.

  1. Carilah Minuman Pengganti

Carilah minuman pengganti yang memiliki kandungan kafein lebih rendah seperti kopi non kafein, teh, dan lainnya dan terus konsumsi selama masa peralihan agar kecanduan anda akan kopi bisa sedikit di kurangi.

  1. Istirahat Cukup

Kebanyakan orang yang kurang beristirahat menggunakan kopi untuk menstimulasi kebutuhan energinya. Untuk itu, lakukanlah istirahat yang cukup dan berkualitas agar keinginan anda akan kopi bisa di turunkan.

  1. Konsumsilah Makanan Sehat

Hindari konsumsi makanan dengan kalori tinggi yang mampu menghalangi niat anda untuk berhenti mengopi dalam jangka waktu panjang. Konsumsilah makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan serat dan karbohidrat tinggi. Makanan merupakan sumber energy yang jumlahnya harus memadai agar mampu mencegah kopi sebagai bahan pelarian anda untuk mendapatkan energy tambahan.

  1. Dukungan dari Orang Terdekat

Menghilangkan kecanduan atau kebiasan berlebih meminum kopi memang pasti tidak akan mudah di lakukan bagi para pencinta kopi, oleh karena itu sangat di butuhkan dukungan dari orang terdekat anda agar ada yang mengingatkan dan memberikan semangat anda sehingga menjahui atau setidaknya menguranginya.

Demikianlah bahasan pada kesempatan dari sayangitubuhmu.com kali ini yaitu mengenai mengatasi kebiasaan mengopi dan cara menghentikannya. Semoga bahasan ini bisa bermanfaat untuk anda, sampai jumpa dan terima kasih atas kunjungannya.

Incoming search terms:

  • apakah berhenti dari kebiasaan ngopi dapat memperbiki lambung
  • cara atasi kecanduan kopi
  • cara menghilangkan ketergantungan kopi
  • cara menghilangkan racun kopi di tubuh biar tidak ketagihan
  • cara mengobati kecanduan kopi
  • kopi bubuk aa membuat ketagihan
  • mengatasi kopi
Cara Mengatasi Kecanduan atau Ketergantungan Kopi | hasan | 4.5