Cara Mencegah Virus Rubella Campak Jerman

Cara Mencegah Virus Rubella Campak Jerman – Baru baru ini dunia mulai di gegerkan kembali dengan virus Rubella atau bisa juga di sebut sebagi campak jerman karena pada mulanya virus ini menyerang Negara tersebut dan sekarang ini virus Rubella mulai mengancam kesehatan yang umumnya menyerang anak – anak dan remaja. Di negeri kita tercinta ini Indonesia ternyata banyak kasus yang terkena virus Rubella ini sehingga persiden Indonseia kita Joko Widodo mengadakan program Imunisasi tambahan untuk anak berusia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun bertujuan agar menetralisir resiko terkena virus Rubella pada anak-anak karena mengakibatkan komplikasi serius.

 

Sebenarnya virus Rubella ini hampir sama dengan campak dan sama-sama menimbulkan raum kemerahan pada kulit namun bisa sangat berbahaya sekali karena bisa menimbulkan efek serius berbeda dengan campak terutama untuk ibu yang sedang hamil karena bisa menyebabkan sindrom Rubella yang dimana menyebabkan kecacatan lahir pada bayi, seperti katarak, penyakit jantung bawaan, kerusakan otak, paru-paru dan penyakit berbahaya lainnya. Sindrom yang di sebabkan virus Rubella juga bisa menyebabkan kematian bayi dalam kandungan sehingga virus ini benar benar harus di antipasi salah satunya adalah dengan pemberian imunisasi tambahan dan juga mengetahui penyebab dan cara mengatasi agar terhindar dari virus Rubella atau campak Jerman.

Cara Mencegah Virus Rubella Campak Jerman

Sebelum kita membahas cara mencegah virus Rubella atau campak jerman alangkah baiknya anda mengetahui gejala-gejala apa saja yang disebabkan virus Rubella karena umumnya penyakit ini akan sulit kita deteksi sampai sampai sipenderitapun tidak tahu jika sebenarnya dia terkena virus tersebut, sampai timbul gejala-gejala sebagai berikut.

Gejala-Gejala Virus Rubella atau Campak Jerman

  • Raum berbintik merah seperti campak biasa
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Mata merah
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher
  • Nyeri pada sendi
  • Tidak nafsu makan

Jika anda melihat keluarga atau anak anda mengalami gejala seperti ini sebaiknya langsung priksakan segerah kedokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

 

Pencegahan Agar Terindar Virus Rubella atau Campak Jerman

Virus Rubella memang salah satu virus yang sulit sekali dideteksi karena penyebarannya lewat air liur, batuk dan bersin yang disebabkan orang yang terjangkit virus tersebut, penyebaran virus tersebut antara lain karena kontak langsung dengan orang yang terkena virus tersebut, untuk mencegah atau mengurangi resiko terkena virus tersebut alangkah baiknya jika anda melakukan cara dibawah ini.

  • Menjaga daya tahan tubuh tetap bugar karena bisa jadi kita menghirup udara saat orang batuk atau bersin yang terdapat virus Rubella tersebut karena kita tidak akan tahu siapa saja yang terkena virus tersebut. Untuk itu menjaga tubuh agar tetap bugar adalah salah satu pencegahan yang bisa menurunkan resiko terkena Rubella karena system kekebalan tubuh terjaga
  • Menghindari kontak langsung dengan orang yang terkena virus tersebut karena virus ini juga bisa menular akibat kita bersentuhan atau menggunakan barang-barang yang dipakai orang yang terkena virus tersebut. Cara mengurangi resiko terkena virus tersebut adalah dengan menjaga kebersihan agar terhindar dari virus yang menempel dan lainnya
  • Memberikan vaksin atau imunisasi tambahan untuk anak diatas 9 bulan – kurang dari 15 tahun. Pemberian vaksin ini bermanfaat untuk menjaga system kekebalan tubuh agar terhindar dari resiko terkena virus tersebut. Dan baru-baru ini persiden RI Joko Widodo mengadakan program pemberian imunisasi tambahan demi mencegah virus tersebut
  • Memberikan vaksin pada ibu yang berencana hamil demi menghindari resiko si cabang bayi terkena virus Rubella. Karena dengan pemberian vaksin ini 90% calon ibu hamil akan terhindardari virus Rubella

Nah segitu saja cara agar menurunkan resiko terkena virus Rubella, jika terjadi tanda-tanda atau ingin lebih tahu cara agar terhindar virus Rubella ini alangkah lebih baiknya anda berkonsultasi pada dokter ahli yang mengeryi tentang virus tersebut. Sekian ulasan dari sayangitubuhmu.com, semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan memberikan wawasan tentang virus tersebut. Jadi jika di daerah anda ada yang mengadakan program imunisasi tambahan sebaiknya bawa anak-anak anda ketempat tersebut demi mencegah anak-anak anda bebas dari virus Rubella.

Incoming search terms:

  • upaya mengatasi penyebaran virus rubella dan campak
  • virus rubella banyak menyerang di negara
Cara Mencegah Virus Rubella Campak Jerman | hasan | 4.5